Akar wangi Sebagai Obat Bau Mulut Tradisional

Rumput Akar Wangi - (Vetiveria zizanioides, syn. Andropogon zizanoides) adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae, dan masih sekeluarga dengan serai atau padi.
akar wangi.jpg (600×450)
Akar Wangi
Akarnya yang dikeringkan secara tradisional dikenal sebagai pengharum lemari penyimpan pakaian atau barang-barang penting, seperti batik dankeris. Aroma wangi ini berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan pada bagian akar.

Tumbuhan ini merupakan komoditas perdagangan minor walaupun cukup luas penggunaan minyaknya dalam industri wangi-wangian.

Penyakit Yang Dapat Diobati :

  • Bau mulut (obat kumur).
  • Rematik (obat luar). 
Ramuan Napas/Mulut bau ;
Akar wangi  beberapa potong, Daun Sirih segar  2 lembar, Herba Pegagan segar  1 genggam, Buah Kapulaga  6 butir, Air  110 ml.

Cara pembuatan :
Dibuat infus. 

Cara pemakaian :
Untuk berkumur 2 kali sehari, tiap kali pakai 100 ml Bila perlu dapat diencerkan dengan air hangat, sebagian dapat ditelan karena tidak berbahaya.

Komposisi Akar Wangi :
Akar - Minyak atsiri, hars, dan zat pahit. Minyak: Vetiverin, vetiveron, veton, dan vetivazulen. Kegunaan Bau mulut (obat kumur). Rematik (obat luar).

No comments:

Post a Comment